Trie's Cheese

Trie's Cheese
Indonesian Original Cheese

Wednesday, November 30, 2011

It's STRETCHING Time!



Dalam proses pembuatan mozzarella, ada satu tahapan yang kerap disebut dengan "stretching", yakni usaha meregang-regangkan adonan curd agar mozza yang kelak dihasilkan bersifat elastis (mulur) setelah dipanggang. Tahap stretching adalah tahap paling krusial dalam pembuatan mozzarella. Sukses-tidaknya stretching akan berdampak langsung terhadap layak-tidaknya sebongkah keju disebut sebagai mozzarella.


Jika kita mendapatkan keju mozzarella yang cuma meleleh saat dipanggang namun tidak mulur sewaktu ditarik, itu bukanlah mozzarella yang sesungguhnya...katanya.


Tak pelak lagi, saya selalu deg-degan sewaktu akan masuk ke tahapan ini. As a matter of fact, beberapa kali curd saya gagal stretching. Saat hal itu terjadi, stress dan capek sekali rasanya.

4 comments:

  1. halo pak Tri, salam kenal. ini ada ternyata keju dari sulawesi. namanya dangke.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Dangke

    susu+getah pepaya+garam ---direbus---> keju
    tapi nggak tau kapan getah pepaya dan garamnya dimasukkan ke dalam susu.

    ReplyDelete
  2. OK thanks Pak infonya. Nanti akan saya coba juga bikin dangke. Kayaknya enak juga tuh. Perihal gimana prosesnya, ya ntar trial & error aja. Udah sering ngalami kegagalan, jd kalo nemuin kegagalan lagi udah nggak stres-stres amat...hehehe

    ReplyDelete
  3. dari kaskus.
    [quote=qiwuchue]
    Pemberian enzim “papain” yang berasal dari getah pepaya merupakan proses dalam pemadatan susu kerbau tersebut. Enzim ini berfungsi memisahkan protein dan air. Pengolahan dangke persis seperti pada pengolahan keju.
    [/quote]

    kalau ngeliat fungsinya kok mirip kayak rennet ya?? (juga cuka atau air jeruk pada pembuatan paneer/keju india dan pembuatan keju sederhana)

    ReplyDelete