Trie's Cheese

Trie's Cheese
Indonesian Original Cheese

Friday, October 6, 2017

OLI VETRI HALLOUMI CHEESE

Keju Halloumi.

Ini adalah keju segar khas Cyprus, namun belakangan populer juga di negara-negara sekitarnya (Yunani, Turki, Lebanon, Syria). Keju ini dikelompokkan ke dalam jenis keju segar karena tidak memerlukan proses pemeraman (aging) dalam pembuatannya. Ibaratnya, dibikin hari ini, keju halloumi bisa langsung disantap hari ini juga. Pada awalnya dibuat dari susu kambing, namun sekarang banyak juga dijumpai keju halloumi dari susu sapi. OLIVETRI, keju halloumi Trie's Cheese dibuat dari susu sapi.

Di Cyprus, keju ini disukai baik oleh etnis Yunani maupun etnis Turki. Saat masih mentah (belum diolah), teksturnya mirip tahu atau keju mozzarella. Cara pengolahan yang paling umum adalah dengan memanggangnya di atas wajan panas tanpa minyak. Lemak pada keju ini akan mencair sedikit dan berfungsi sebagai minyak. Pemanggangan akan membuat permukaan keju garing kecoklatan dan mengeluarkan aroma harum.

Selain dipanggang, keju halloumi bisa pula dimakan begitu saja (mentahan) sebagai bagian dari salad sayuran segar. Cukup dipotong-potong bentuk dadu, dicampur berbagai sayuran segar, dan diakhiri dengan siraman minyak zaitun dan taburan rempah (lada hitam, jintan, atau rempah lain sesuai selera).

Tidak seperti mozzarella, keju halloumi tidak meleleh saat dipanaskan. Keju ini tetap kencang dan cocok disajikan setelah dipanggang (grilled). Keju halloumi panggang bisa disantap langsung begitu saja, atau dijepit di antara roti (sebagai isi sandwich). Salah satu ciri khas keju halloumi adalah bunyi "berdecit-decit" (squeaky) saat dikunyah.

Info tambahan perihal keju halloumi OLIVETRI.

Keju hallouminya asin.  Penggaramannya dengan metode "surface scrubbing", jadi bagian asin terutama adalah kulit luarnya.

Jika dirasa terlalu asin, bisa dikurangi kadar keasinannya dengan cara direndam di air dingin 10 menit dan ditiris agar kering, sebelum dimasak/dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment